Sunday, October 21, 2012

Golongan atau kelompok orang-orang islam ( Menurut surat Faatir (35) : 32 )



ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ


Artinya : 
Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.


Pada kesempatan yang bahagia ini saya akan sedikit menjelaskan kelompok-kelompok orang yang beragama islam berdasarkan surat Faatir ayat 32 tersebut.
1.       Dholimun Linafsihi ( kelompok yang menganiaya diri )
Kelompok yang mengaku beragama islam tetapi lebih banyak melakukan perbuatan kejahatan dan dosa daripada kebaikannya.
Kelompok ini adalah kelompok orang-orang yang merugi, nanti di akhirat akan disiksa sesuai dengan kesalahan dan dosanya, tetapi mereka akan mendapat ampunan dari Allah SWT karena keimanannya sehingga di keluarkan dari api neraka.
Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang artinya
“ akan keluar dari neraka siapa saja yang mengucapkan LAAILAAHA ILLALLAH, sedangkan dalam hatinya ada kebaikan sebesar debu ( HR. Bukhori & Muslim & Tirmidzi)

2.       Muqtashid ( kelompok yang ada dipertengahan )
Kelompok umat isalmyang perbuatan baiknya sebanding dengan perbuatan buruknya, kelompok ini akan ditempatkan di A’raf yaitu tempat antara surge dan neraka. Kemudian beberapa waktu yang telah ditetapkan Allah SWT, golongan ini akan dimasukkan kedalam surga.

3.       Saabiqun bil khoirooti
Kelompok umat islam yang lebih dahulu berbuat kebajikan, mereka gemar berbuat kebaikan, tidak mau berbuat kejahatan maupun dosa. Kelompok ini akan memperoleh kebaikan di dunia dan di akhirat. Di akhirat akan ditempatkan disurga And dengan segala-segala fasilitasnya. Seperti yang diterengakan disurat Faatir ayat 33 yang artinya :
(Bagi mereka) surga Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.”

Semoga bermanfaat ..
Boleh copas, tetapi di mohon mencantumkan sumbernya ..

Download Versi PDF [ DISINI ]

 

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Joko Rahmady Hari: 11:09 AM Kategori:

Penulis : Joko Rahmady ~ Sebuah blog yang menyediakan informasi ~

Artikel Golongan atau kelompok orang-orang islam ( Menurut surat Faatir (35) : 32 ) Di Tulis Oleh Joko Rahmady Pada Hari Sunday, October 21, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Saran kritik kami terima, bisa lewat komentar
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
Disarankan berkomentar di Comment Blog
Kritik Saran dan Tambahan kami tunggu ..

Terima Kasih (Jazakallah)