Sunday, March 10, 2013

I LOVE YOU

I LOVE YOU

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). “ (Q.SAli-Imran : 14)

Cinta adalah suatu tema yang besar dan tak habis-habisnya dibahas dimanapun, kapan pun, dan dengan siapapun. Sepertinya cinta itu terlihat sederhana, karena hampir sehari-hari kia menemukan masalah cinta. Namun sebenarnya cinta itu juga sangat kompleks. Sehingga kadang kala hampir sepersekian masalah disebabkan karena cinta.  Cinta memiliki makna yang sangat luas (universal) dan hingga kini para pakar sekalipun belum mampu memuaskan untuk mendefinisikan cinta.

Beberapa definisi yang dapat kita ambil antara lain :
ü  Cinta => hasrat, keinginan, dan harapan
ü  Cinta => perubahan rasa (….kucing terasa coklat)
ü  Cinta itu abstrak, tidak dapat dilihat bahkan tidak dapat dimengerti, kog bisa begini dan begitu, pokoknya penuh rasa yang tidak karuan. Dan ternyata kita merupakan juga “hasil kerja” cinta.
 



Lalu bagaimana islam memandang CINTA? Dan bagaimana dengan kita?
Cinta itu merupakan fitrah manusia (Q.S Ali-Imran : 14) yang tidak bisa ditolak keberadaaanya, seperti juga benci, senang, bahagia, dan lain-lain. Cinta adalah anungrah dari Allah, maka ia merupakan pemberian (Rahmat) dari Allah, so ndak usah dicari-cari mah datang sendiri. Sehingga kita harus berhati-hati betul dalam mengelola cinta tersebut.

Cinta VS Tauhid
Lalu apa hubungannya cinta dengan tauhid segala???
Ya ada dong!!! Kenapa tidak???

Gini :
“ Kita belum dikatakan beriman betul ketika kita belum mengenal dan mencintai ALLAH SWT.  Lha dasar dari Iman itu adalah Cinta pada Allah (Mahabatullah). Maka harus kita pelajari, fahami, dan wujudkan betul Mahabatullah ini “

Coba Simak :
Katakanlah: "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.
(Q.S At-Taubah : 24 )

Dalam bukunya Menguji Kecerdasan Cinta berdasarkan ayat diatas Didik Purwodarsono menyusun hirarki cinta kita untuk :
1.     Allah S.W.T
2.     Rasulullah S.A.W
3.     Jihad Fii Sabilillah
4.    Orang tua
5.     Anak-anak
6.    Saudara kandung
7.     Suami-Istri
8.    Kaum kerabat
9.    Harta kekayaan
10.  Pekerjaan, Bisnis, dan Profesi
11.   Rumah

Sehingga prioritas cinta yang pertama jelas pada Allah dan yang dicintai Allah sebelum pada yang lain.


Cinta Ikhwan VS Akhwat (Rasa Paling Seru …!!!)
Dalam musnad ahmad bin hanbal dari hadits uqbah bin Amir Al-Juhany R.A, Rasulullah S.A.W bersabda “Rabbmu merasa heran terhadap pemuda yang tidak mempunyai rasa cinta”.
Jelas bahwa juga ini merupakan fitrah, tetapi yang harus kita ingat, I.N.G.A.T adalah bagaimanapun mengelola rasa cinta itu dalam rangka taat pada ALLAH S.W.T.
Dengan demikian kata kuncinya adalah “memperhatikan syariatnya”.

Yaitu :
1.     Menikah
“ Wahai para pemuda, jika salah seorang diantara kalian mempu menikah, maka menikahlah karena pernikahan lebih mampu menahan pandangan dan  kelamuan ”

2.     Shaum
“ Dan barangsiapa yang belum sanggup menikah hendaklah ia berpuasa karena puasa memiliki penawar “


Hubungan Ikhwan VS Akhwat
Lalu bagaimana ketika kita ada suatu keperluan denga lawan jenis / bagaimana agar kita tidak terjebak melanggar syariat ketika harus berhubungan dengan lawan jenis. Maka :
1.     Jaga pandangan
2.     Menutup aurat
3.     Suara dan gaya wajar
4.    Jangan berkhalwat
5.     Hindari Kontak fisik
6.    Jaga hati

Sehingga sesungguhnya cinta itu harus karena Allah dalam taat pada Allah dan dengan syariat Allah, puncaknya adalah “Mahabatullah”

So, ada apa dengan cinta ???
Jawabannya => silahkan baca kembali dari awal ……. J

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Joko Rahmady Hari: 1:37 PM Kategori:

Penulis : Joko Rahmady ~ Sebuah blog yang menyediakan informasi ~

Artikel I LOVE YOU Di Tulis Oleh Joko Rahmady Pada Hari Sunday, March 10, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Saran kritik kami terima, bisa lewat komentar
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
Disarankan berkomentar di Comment Blog
Kritik Saran dan Tambahan kami tunggu ..

Terima Kasih (Jazakallah)