Saturday, April 6, 2013

Keistimewaan Ayat Kursi

Ada beberapa orang yang salah kaprah menjadikan Ayat Kursi hanya sebagai jimat penangkal setan yang ditempel di atas pintu, diletakkan di dalam mobil, atau diikatkan pada leher sebagai kalung dan lain sebagainya walaupun dengan tujuan untuk mengusir setan atau untuk menyembuhkan diri dari penyakit.

Padahal sesungguhnya untuk melindungi dari berbagai bahaya dan agar mendapat berkah, bukanlah hanya sekadar memajang atau menggantungkan di leher, di dinding atau di kendaraan sebagaimana yang sering kita saksikan di tengah kaum muslimin dalam kebiasaan mereka. Ayat Al Qur’an, termasuk Ayat Kursi bisa bermanfaat ketika dibaca dan dihafal dalam hati.

Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari Surah Al-Baqarah. Jika Surat yang paling agung adalah surat al-Fatihah, maka ayat yang paling agung adalah Ayat Kursi.

Allah SWT menurunkan Ayat kursi di Kota Madinah pada waktu malam. Konon pada waktu Rasulullah SAW memanggil Zaid bin Tsabit untuk menulisnya, setiap berhala yang ada di dunia ini bergoncang, segala mahkota yang ada di kepala raja-raja terjatuh, dan syaitan lari, bertubrukan dengan sesamanya sendiri.

Ayat kursi adalah satu-satunya ayat dalam alQur'an yang diawali dengan lafzhul jalalah (Allah) dan diakhiri dengan nama yang maha agung (Al Azhim).

Beberapa keistimewaan Ayat Kursi antara lain :

1.    Barang siapa yang membaca ayat Al-Kursi saat kesusahan, niscaya Allah SWT akan memberi pertolongan kepadanya.

2.    Barang siapa membaca yang membaca Ayat Kursi di akhir setiap solat fardhu, maka ia berada dalam perlindungan Allah SWT sampai shalat selanjutnya.

3.    Barang siapa membaca Ayat Kursi sebelum tidur, maka Allah SWT akan mengirimkan dua malaikat yang menjaganya selama tidur sampai pagi.

4.    Barang siapa membaca ayat Al-Kursi sebelum keluar rumahnya, maka Allah SWT mengutus 70,000 Malaikat kepadanya dan mereka semua memohon keampunan dan mendoakan baginya.

5.    Disunahkan untuk membaca Ayat Kursi pada pagi dan sore.

Barangsiapa membacanya di pagi hari maka akan dilindungi dari (gangguan) jin sampai sore, dan barangsiapa yang membacanya di sore hari maka akan dilindungi dari gangguan mereka (jin).”  (HR. Al-Hakim 1/562 dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albaniy dalam Shahih At-Targhiib wat Tarhiib 1/273)

6.    Barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak 1.000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka Allah SWT akan membukakan baginya pandangan rohani, dihasilkan yang dimaksud dan diberi pengaruh kepada manusia.

7.    Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir tiap-tiap shalat fardhu, Allah SWT menganugerahkan dia setiap hati orang yang bersyukur, setiap perbuatan orang yang benar, pahala para nabi, serta Allah melimpahkan rahmat kepadanya.

8.    Syeikh Abul ‘Abas Al Bunni menerangkan:

Bagi siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya (50 kali), ditiupkan pada air kemudian diminumnya, maka Insya Allah akan dicerdaskan akalnya dan mudah paham pada pelajaran yang dipelajari.

Dan masih banyak lagi keistimewaan Ayat Kursi bagi yang membacanya. Semoga Allah SWT melindungi, membukakan pintu hati dan jiwa, melapangkan dada dan menajamkan akal kita, sehingga bisa bersikap jernih atas apa yang terjadi di muka bumi ini. Aamiin.

sumber : lebaran.com

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Joko Rahmady Hari: 9:10 PM Kategori:

Penulis : Joko Rahmady ~ Sebuah blog yang menyediakan informasi ~

Artikel Keistimewaan Ayat Kursi Di Tulis Oleh Joko Rahmady Pada Hari Saturday, April 6, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Saran kritik kami terima, bisa lewat komentar
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
Disarankan berkomentar di Comment Blog
Kritik Saran dan Tambahan kami tunggu ..

Terima Kasih (Jazakallah)