Wednesday, April 3, 2013

Keutamaan Sholat Dhuha

"Oleh Syaiful Diedit Admin Pasukan Lebaran"
Sumber Gambar: Google Images

Sebagai seorang muslim, sering kali kita mendengar seruan untuk shalat Dhuha. Berbagai fadhilah dan manfaat serta keutamaan Shalat Dhuha yang sangat banyak membuat para ulama dan penceramah tidak henti-hentinya untuk menyampaikan dan mengajak untuk melaksanakan shalat Dhuha.




Pengertian Shalat Dhuha >>
Berbagai Gerakan Shalat
Apakah pengertian dari shalat Dhuha ? Shalat dhuha adalah shalat sunatyang dikerjakan saat matahari terbit hingga terasa panas sebelum shalat Dzuhur atau shalat sunat yang dikerjakan di waktu pagi hari dari sekitar pukul tujuh sampai dengan pukul sebelas. Kenapa shalat sunah dhuha juga sangat utama? Adalah Shalat dhuha yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan untuk dunia dan akhirat.

Cara mengerjakan shalat dhuha

Sebagai umat Islam tentu kita harus tahu cara melaksanakan shalat dhuha, cara mengerjakan shalat dhuha ini kami ambilkan dari berbagai sumber yang mungkin bermanfaat dan tuntunan bagi sahabat  yang belum mengetahui atau yang belum lengkap mengenai tuntunan pelaksanaan shalat dhuha. Tata cara di bawah ini mungkin bisa membantu teman-teman untuk beristiqomah dalam melaksanakan shalat sunnah dhuha :

Shalat Dhuha waktunya : sejak terbit matahari sampai dengan menjelang  masuknya matahari di titik puncak langit atau sekitar pukul 07.00 s/d 11.00 pagi.
Shalat Dhuha dilaksanakan dua raka’at sekali salam. Jumlah roka’at Shalat Dhuha paling sedikit 2 raka’at dan paling banyak 12 raka’at

Keutamaan Shalat Dhuha

Tentang keutamaan yang terkandung dalam shalat dhuha, di sini kami sedikit menggambarkan rahasia dan keutamaan shalat dhuha hadits Rasulullah Muhammad SAW yang menceritakan tentang keutamaan shalat dhuha, di antaranya:

1. Keutamaan Shalat Dhuha sedekah
Bagi seluruh persendian tubuh manusia dari Abu Dzar Al-Ghifari RA, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. dan dua rakaat dhuha diberi pahala” (HR Muslim).

2. Keutamaan Shalat Dhuha Ghanimah

Keuntungan yang besar dari Abdullah bin `Amr bin `Ash radhiyallahu `anhuma, ia berkata: Rasulullah SAW mengirim sebuah pasukan perang. Nabi saw berkata: “perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!”. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).
Lalu rasulullah saw berkata, “maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya dan cepat kembalinya?”
mereka menjawab, “ya! Rasul” Nabi SAW berkata lagi, “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat dhuha, dia lah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya),  lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”(shahih al-Targhib: 666)

3. Keutamaan Shalat Dhuha sebuah  Rumah di surga.
Bagi yang rajin mengerjakan shalat dhuha, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW :  “Barangsiapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (shahih al-Jami`: 634)

4. Keutamaan Shalat Dhuha memeroleh ganjaran di sore hari.
Keutamaan Shalat Dhuha memeroleh ganjaran di sore hari. ari Abu Darda’ ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw berkata: Allah ta`ala berkata: “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-ku empat rakaat dari awal hari, maka aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya.” (shahih Al-Jami: 4339).

Dalam sebuah riwayat juga disebutkan: “Innallaa `azza wa jalla yaqulu: yabna adama akfnini awwala al-nahar bi’arba`i raka`at ukfika bihinna akhira yaumika” (Sesungguhnya Allah `azza wa jalla berkata: “Wahai anak adam, cukuplah bagi-ku empat rakaat di awal hari, maka aku akan mencukupimu di sore harimu”).

5. Keutamaan Shalat Dhuha pahala  umrah
Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah…” (shahih Al-Targhib: 673).

6. Keutamaan Shalat Dhuha ampunan dosa
“Siapa pun yang melaksanakan shalat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)
Dengan mengetahui tata cara, niat dan keutamaan shalat Dhuha di atas, semoga menjadi pedoman untuk selalu melaksanakan shalat sunah Dhuha dengan benar. dengan niat karena Allah, semoga mendapat pahala dan tempat yg baik di akhirat nanti.

sumber : http://lebaran.com

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 2:27 PM Kategori:

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan informasi ~

Artikel Keutamaan Sholat Dhuha Di Tulis Oleh Unknown Pada Hari Wednesday, April 3, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Saran kritik kami terima, bisa lewat komentar
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
Disarankan berkomentar di Comment Blog
Kritik Saran dan Tambahan kami tunggu ..

Terima Kasih (Jazakallah)