Monday, April 15, 2013

Pentingnya Membaca Basmalah Setiap Memulai Kegiatan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Bismillaahirrahmaanirrahiim ...

Apa yang kamu lakukan sebelum memulai sesuatu? Berangkat sekolah, mengerjakan tugas kantor, atau mengetik skripsi?  Makan, minum, naik kendaraan, bahkan tidur?  Kegiatan tersebut lazim dilakukan sehari-hari sehingga tanpa sadar kita langsung mengerjakannya tanpa membaca basmalah.Padahal basmalah merupakan bacaan yang sangat singkat, hanya berupa kata ‘bismillahirrahmanirrahim’. Akan tetapi makna dan manfaatnya sangat besar untuk kita.

Rasulullah SAW bersabda : “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah).” Hal tersebut menunjukkan betapa besarnya nilai kebaikan membaca basmalah setiap memulai kegiatan. Segala kegiatan yang kita lakukan bertujuan untuk menebar kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain. Bagaimana kebaikan tersebut dapat menjadi baik bila Allah SWT pun tidak memberkahinya?


Makna kata

Basmalah merupakan inti kandungan ajaran Islam karena di dalamnya terdapat unsur keyakinan terhadap Allah SWT yang memberi kekuatan. Secara kata, basmalah terdiri dari tiga kata yaitu Ba (bi), Ism, dan Allah.

1. Ba
Huruf ba yang dibaca bi mengandung arti kata ‘dengan’. Makna kata ‘dengan’ yang dimaksudkan  di sini memiliki 2 makna, yaitu ‘memulai dengan nama Allah’ dan dengan kekuasaan Allah dan pertolongan-Nya. Itu artinya setiap kegiatan yang kita lakukan dimulai dengan nama Allah dan dengan kekuasaan-Nya.

2. Ism
Ism berasal dari kata as-sumuw yang berarti ‘tinggi dan mulia’ dan juga berarti ‘tanda’ bila diambil dari kata as-simah. Kata ini bermakna bahwa kegiatan yang kita lakukan dapat menjadi tanda agar kelak kita menjadi tinggi dan mulia dengan kegiatan tersebut. Karena banyak kegiatan yang tidak berarti apa-apa untuk kita. Tidak berkah dan tidak bermanfaat.

3. Allah
Kata Allah berakar dari kata walaha yang bermakna ‘menakjubkan’. Sudah jelas bahwa Allah adalah Dzat yang maha pengasih, penyayang, penuh rahmat, dan sebagainya. Dengan mengucapkan basmalah, maka diharapkan kegiatan kita selalu dirahmati oleh Allah SWT. Selalu ada ridho Allah yang menjadi alasan kita dalam melakukan setiap kegiatan. Tanpa ridho Allah, maka segala kegiatan akan hambar dan tidak berkah.



Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum Melakukan Kegiatan
          
Banyak keutamaan dari membaca basmalah, di antaranya :

1. Terjaga dari setan
Membaca basmalah merupakan tanda kita mengingat Allah. Dengan mengingat Allah, maka setan tidak akan mendekati kita, bahkan tidak akan mendapatkan tempat beristirahat dan makan karena setan tidak memasuki rumah yang penghuninya selalu mengingat Allah. Rasulullah bersabda : “Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata: ‘Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.’ Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: ‘Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.’ Dan apabila ia tidak mengingat Allah ketika makan, maka iaberkata:’Kalian mendapatkan tempat istirahat dan makan malam’.”

2.      Berkah
Setiap kegiatan baik yang kita lakukan insya Allah akan diberkahi Allah dengan bacaan basmalah. Sehingga nilai kebaikan dalam kegiatan tersebut akan tertanam suatu saat nanti di akhirat kelak.

3.      Terlindung dari gangguan jin
Rasulullah SAW bersabda : “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca Bismillah.”. Masih lupa membaca basmalah? Ingatlah selalu bahwa dalam basmalah terkandung banyak kebaikan dan berkah yang sangat besar. Mulai sekarang biasakan melakukan sesuatu bersama Allah melalui kata basmalah. Insyaallah berkah. 

sumber : lebaran.com

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Joko Rahmady Hari: 1:26 PM Kategori:

Penulis : Joko Rahmady ~ Sebuah blog yang menyediakan informasi ~

Artikel Pentingnya Membaca Basmalah Setiap Memulai Kegiatan Di Tulis Oleh Joko Rahmady Pada Hari Monday, April 15, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Saran kritik kami terima, bisa lewat komentar
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
Disarankan berkomentar di Comment Blog
Kritik Saran dan Tambahan kami tunggu ..

Terima Kasih (Jazakallah)