Sunday, April 21, 2013

Tragedi Kerak Bumi





Gempa bumi tektonik adalah salah satu bencana alam yang kerap terjadi di seluruh permukaan bumi. Menurut para ahli, gempa bumi jenis ini terjadi akibat tumpukan antar lempengan-lempengan bumi. Energi yang terlepas sat terjadi tumbukan akan mengakibatkan goncangan dipermukaan bumi.

Teori pergerakan benua mulai dikenal sejak awal ke-20. Seorang ilmuwan Jerman yang bernama Alfred Wegener mengemukakan bahwa benua-benua pada permukaan bumi menyatu pada masa awal-awal bumi. Namun bergeser ke arah yang berbeda-beda sehingga terpisa ketika mereka bergerak saling menjauhi.

Menurut Wegener, pada awalnya bumi hanya memiliki sebuah daratan luas yang berada dikutub selatan. Daratan ini disebut Pangaea. Selama berjuta tahun, benua pangaea terpecah menjadi beberpa bagian dan bergerak saling menjauhi. Bentuk permukaan bumi yang sekarang adalah hasil dari pergerakan tersebut.
Namun, gerakan-gerakan permukaan bumi belumlah berhenti. Permukaan bumi atau disebut juga kerak bumi adalah bagian terluar dari planet bumi yang sangat keras. Tebalnya hanya sekitar 5-70 kilometer. Bandingkan dengan diameter bumi yang mencapai 12.756 kilometer.

Dibawah kerak bumi terdapat cairan magma yang terus bergolak. Sehingga kerak bumi seperti lapisan keras yang mengapung  diatas cairan magma. Inilah yang menyebabkan permukaan bumi terus bergerak. Ilmuwan modern mengemukakan istilah “continental drift” atau “gerakan mengapung dari benua” untuk gerakan ini. Pergerakan lempeng-lempeng bumi memiliki kecepatan 1-5 cm per tahunnya.

Dan Sang Pencipta Bumi, Allah telah menetapkan sebelumnya, bahwa gunung-gunung yang terlihat diam sebenarnya terus bergerak seperti berjalannya awan.

Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S An-Naml : 88)

Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Joko Rahmady Hari: 5:27 AM Kategori:

Penulis : Joko Rahmady ~ Sebuah blog yang menyediakan informasi ~

Artikel Tragedi Kerak Bumi Di Tulis Oleh Joko Rahmady Pada Hari Sunday, April 21, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Saran kritik kami terima, bisa lewat komentar
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
Disarankan berkomentar di Comment Blog
Kritik Saran dan Tambahan kami tunggu ..

Terima Kasih (Jazakallah)